PEMBAGIAN ALQUR’AN SURAT, JUZ, HIZB, RUKUK

Al-Quran dibagi menjadi bagian-bagian, hal ini bertujuan untuk mempermudah menghafalkan Alquran, Salah satu pembagian Al-Qur’an itu, dibagi menjadi; 30 juz, 114 surat dan 60 hizb, 554 Ruku’, Pembagian bertujuan untuk hafalan dan amalan dalam tiap tiap sehari semalam. adapun pembagiannya sebagai berikut:

1. Surah
Al-Qur’an terdiri dari 114 surah.

2. Ayat, Kata, Huruf
Ayat adalah bagian terkecil yang terdapat di dalam Al-Qur’an, ayat juga merupakan komponen dasar pada suatu surah. Tiap tiap satu surat ditulis namanya dan ayat ayatnya, Alquaran terdiri dari 6236 Ayat, 77.439 Kata, 325.345 Huruf.

3. Juz
Kitab suci Al-Qur’an terbagi menjadi 30 juz yang berdekatan agar mudah dibaca dalam 1 bulan penuh.   .

4. Hizb الحزب
Hizb terdiri dari setengah juz. Setiap Hizb dibagi lagi menjadi 4 bagian yang disebut dengan seperempat Hizb, tiap tiap hizb ditulis di pinggirnya yang menerangkan; hizb pertama, kedua dan seterusnya. Dan tiap tiap satu hizb dibagi 4. Tanda seperempat hizb ditulis dengan  ربع   tanda 1/2 ditulis dengan نصف  dan tanda 3/4 ditulis dengan ثلاثة ارباع

5. Rukuk ع
Rukuk adalah kumpulan beberapa ayat yang sebaiknya dibaca dalam 1 rakaat shalat. Rukuk ditandai dengan huruf ‘Ain yang diletakkan di pinggir kiri atau kanan Mushaf. Tiap tiap satu ruku’ diberi tanda di sebelah pinggirnya dengan huruf: ع
Pembagian Rukuk ini muncul atas dasar kebiasaan generasi terdahulu dalam meng-khatamkan Al-Qur’an ketika shalat Fardu. Jika jumlah rukuk atau ‘Ain dalam Al-Qur’an terdiri dari 558 dan dalam sehari kita membaca ayat-ayat Al-Qur’an selain Al-Fatihah sebanyak 10 kali (setiap shalat 2 kali), Al-Qur’an dapat dikhatamkan di dalam shalat selama kurang dari 2 bulan (558/10=55,8 hari)

6. Nishful Qur’an

Nishful Qur’an adalah pertengahan Alquran, ini berarti Al-Quran dibagi menjadi dua bagian, pertengahan Alquran terdapat pada surat (18) Al-Kahfi ayat 19 pada lafadz : وليتلطف (walyatalattof).

7. Manzil
Manzil adalah pembagian Al-Qur’an menjadi 7 bagian yang hampir sama, dengan tujuan untuk memudahkan meng-khatamkan Al-Qur’an dalam waktu 7 hari. Berikut ini adalah awal tiap Manzil tersebut:
1. Surah Al-Fatihah
2. Surah Al-Ma’idah
3. Surah Yunus
4. Surah Bani Israil atau Al-Isra
5. Surah Asy-Syu’ara
6. Surah As-Saffat
7. Surah Qaf
Ketujuh nama surah tersebut disingkat dan dirangkai menjadi sebuah akronim yaitu : FAMY BISYAWQIN.
Pembagian Al-Qur’an menjadi 7 bagian Manzil ini juga didasarkan pada sabda Rasulullah Saw., sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, dan juga berdasarkan tradisi membaca para sahabat dan generasi salafussalih setelahnya

8.Ayat Sajdah (اٰية السجدة)

Yaitu adalah ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an yang bila dibaca disunnahkan bagi yang membaca dan mendengarnya untuk melakukan sujud tilawah, Ayat-ayat dimaksud antara lain:

  1. Ayat ke-206 dari Surah Al-A’raf

    إِنَّ الَّذِينَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ

    Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud.

  2. Ayat ke-15 dari Surah Ar-Ra’d

    وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

    Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri atau pun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.

  3. Ayat ke-50 dari Surah An-Nahl

    يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

    Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).

  4. Ayat ke-109 dari Surah Al-Isra’

    وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا

    Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

  5. Ayat ke-58 dari Surah Maryam

    أُولَئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

    Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

  6. Ayat ke-18 dari Surah Al-Hajj

    أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ

    Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barang siapa yang dihinakan Allah maka tidak seorang pun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.

  7. Ayat ke-77 dari Surah Al-Hajj

    يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

    Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

  8. Ayat ke-60 dari Surah Al-Furqan

    وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا

    Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Sujudlah kamu sekalian kepada Yang Maha Penyayang”, mereka menjawab, “Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah kami akan sujud kepada Tuhan Yang kamu perintahkan kami (bersujud kepada-Nya)?”, dan (perintah sujud itu) menambah mereka jauh (dari iman).

  9. Ayat ke-26 dari Surah An-Naml

    اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

    “Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Arsy yang besar.”

  10. Ayat ke-15 dari Surah As-Sajdah

    إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

    Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri.

  11. Ayat ke-38 dari Surah Fussilat

    فَإِنِ اسْتَكْبَرُوا فَالَّذِينَ عِنْدَ رَبِّكَ يُسَبِّحُونَ لَهُ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَهُمْ لَا يَسْأَمُونَ

    Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu.

  12. Ayat ke-62 dari Surah An-Najm

    فَاسْجُدُوا لِلَّهِ وَاعْبُدُوا

    Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).

  13. Ayat ke-21 dari Surah Al-Insyiqaq

    وَإِذَا قُرِئَ عَلَيْهِمُ الْقُرْآنُ لَا يَسْجُدُونَ

    Dan apabila al-Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka tidak bersujud,

  14. Ayat ke-19 dari Surah Al-‘Alaq

    كَلَّا لَا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ

    sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan),

  15. Ayat ke-24 dari Surah Sad

    وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا

    Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*