SUSUNAN GAYA PEGAS SERI PARAREL

Happy kids playing in white bedroom. Little boy and girl, brother and sister play on the bed wearing pajamas. Nursery interior for children. Nightwear and bedding for baby and toddler. Family at home

A. Pendahuluan

Jika kita amati didalam spingbad akan terlihat susunan pegas dengan posisi yang sama. Pegas merupakan suatu benda elastis yang digunakan untuk menyimpan energi mekanis, dimana perubahan dimensi panjangnya sangat dipengaruhi oleh besarnya gaya.

Seperti halnya tempat tidur atau springbed, pegas dapat dirangkai dengan sesama pegas lain dan membentuk sebuah rangkaian pegas seri, paralel maupun campuran.

Susunan ini bertujuan untuk mendapatkan pegas pengganti dengan konstanta yang sesuai dengan kebutuhan. Susunan seri ditujukan untuk memperkecil konstanta pegas sehingga pertambahan panjang yang dialami sistem pegas akan lebih besar, sedangkan susunan paralel bertujuan untuk memperbesar konstanta pegas sehingga pertambahan panjang sistem pegas lebih kecil dibandingkan dengan susunan seri.

B. Susunan Pegas Pengganti

  • Konstanta Pegas Pengganti Seri, dari gambar di bawah dapat dirumuskan untuk menentukan nilai konstanta pegas pengganti dari pegas yang dirangkai seri.
  • Konstanta Pegas Pengganti Paralel, Dari gambar di bawah dapat dirumuskan untuk menentukan nilai konstanta pegas pengganti dari pegas yang dirangkai paralel.
  • Menentukan usaha untuk meregangkan pegas, Usaha yang diperlukan untuk meregangkan pegas dengan konstanta k sejauh Δx adalah

Keterangan:
W = usaha (J)
k = konstanta pegas( N/m)
Ax = perubahan panjang pegas (m)

C. Contoh Soal

Contoh 1
Tabel berikut ini menunjukkan hasil pengukuran panjang (Δx) pada percobaan pengukuran kons­tanta elastisitas karet dengan menggunakan lima bahan karet ban P, Q, R, S, dan T.

Konstanta elastisitas karet terbesar dimiliki oleh bahan

A. P             B. Q               C. R            D. S             E. T

Pembahasan:

Maka yang terbesar = R, Jawab = C

Contoh 2
Jika terdapat dua buah pegas identik yang memiliki tetapan pegas sebesar 200 N/m. Tentukan konstanta sistem pegas jika pegas
(a) Disusun seri;
(b) Disusun paralel.

Diketahui         : K1 = K2 = 200 N/m

Ditanyakan      : Konstanta pegas (a) seri; (b) paralel

Jawab              :

Besar konstanta dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut :

  1. 1/Kseri = 1/K2 + 1/K2 = 1/200 + 1/200 = 100 N/m
  2. Kpar = K1 + K2 = 200 + 200 = 400 N/m

Jadi gaya pegas tersebut adalah konstanta seri adalah 100 N/m sedangkan konstanta paralel adalah sebesar 400 N/m.D. Evaluasi

D. Evaluasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*