RUMUS MENGHAFAL SEMAPHORE

A. Sekilas Semaphore

Semaphore adalah cara mengirimkan berita atau pesan dengan menggunakan sepasang bendera dengan gerakan-gerakan tertentu. Bendera ini disebut bendera semaphore yaitu bendera yang terdiri dari kombiasi dua bagian warna terang berukuran 45 x 45 cm, masing-masing bagian warnanya berbentuk segitiga sama kaki yang diikat pada tongkat bendera sepajang 50 – 55 cm. Pada tongkat umumnya warna merah berada pada bagian atas atau berada pada sepanjang tongkat, sedangkan warna kuning berada dibawah warna merah atau diluar tangkai tongkat. Ikatan bendera pada tiang harus kuat agar tidak mudah lepas saat digerakkan.

Abjad dan angka semaphore terdiri dari beberapa sikap tangan kanan dan kiri. Bendera harus dipegang sedemikian rupa sehingga tongkatnya merupakan perpanjangan dari kedua tangan kita. Semua pergerakan tangan bertumpuh pada bahu sehingga kedua tangan tetap dalam posisi lurus. Untuk capat menghafal semaphore ini, berlatihlah bersama teman atau di depan cermin dan perhatikanlah posisinya agar dalam mengirim dan menerima berita tidak terjadi kesalahan.

B. Cara mengirim berita dengan Semaphore

Cara mengirim berita dengan semaphore sebagai berikut:

  1. Kirim tanda perhatian berulang kali (U-R).
  2. Jika penerima sudah siap maka akan mengirimkan huruf K.
  3. Jika penerima belum siap maka akan mengirimkan huruf Q.
  4. Jika penerima dapat membaca berita dengan baik maka akan mengirimkan huruf C dan jika tidak paham maka akan mengirimkan huruf I-M-I.
  5. Apabila pengirim keliru dalam mengirim pesan, maka kirim huruf E-tutup delapan kali.
  6. Jika semua pesan sudah selesai dikirim maka kirim huruf A-R.
  7. Jika penerima sudah mendapat semua berita maka akan mengirim huruf R.
  8. Untuk mengirimkan angka maka didahului oleh tanda angka (numerical sign) kemudian kirimkan angka, jika sudah selesai mengirim angka dan berganti ke huruf maka kirimkan isyarat huruf J (alphabetic sign) atau V , ada juga yang menggunakan cara menyilangkan bendera di atas depan kepala untuk mengirimkan kode angka.

C. Rumus Semaphore

Semaphore dapat dihafalkan melalui bentuk-bentuk gerakan tangan dapat juga digunakan rumus cepat untuk menghafalkannya. Berikut rumus cepat untuk menghafalkannya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat seperti ini

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*